ELBARIDAH CENTER IMAGE

Sejarah Singkat

Profil Ponpes El Baridah Center

Islamic Boarding School Ponpes El Baridah atau yang biasa di sebut Ponpes El Baridah Center terletak di daerah Mejasem Barat Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Pondok Pesantren ini dirintis oleh bapak Imam Arifudin dan keluarga pada tahun 2022 memberikan prioritas kepada golongan mustadh’afin sebagai santrinya dengan membebaskan berbagai biaya pendidikan mereka.

Ponpos Ponpes El Baridah didirikan dengan maksud menjadikan para santri sebagai penghafal Al-Qur’an, serta mempersiapkan mereka agar menjadi generasi emas umat Islam.

Profil Ponpes El Baridah Center

Tahfidz adalah program unggulan di Ponpes El Baridah. Oleh karena itu, untuk proses pembelajaran Tahfidz, dilaksanakan 50% lebih dari kurikulum pendidikan yang ada. Santri melakukan setoran hafalan baru setiap hari kepada musrifnya minimal 1 halaman atau 15 baris mushaf.

Pada kesempatan ini, santri membentuk kelompok yang terdiri dari 10 orang berdasarkan level bacaan yang telah mereka kuasai, yang dipandu oleh seorang musrif yang mengampu tahfidz. Setelah santri mendapat hafalan 1 Juz maka diadakan ujian atau tasmi’ hafalan bersama seluruh santri.

BELAJAR EL BARIDAH CENTER

Ujian diadakan setiap 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz dan 30 sekali duduk. Pengetahuan Ilmu Agama dan berbagai mutun ilmiyah serta berbagai penjelasan atau syarahnya didapatkan langsung santri melalui pembelajaran yang menyenangkan dengan dipandu langsung oleh Ustadz Muhammad Isaac Azmy, SH, Lc alumnus Kuliah Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi.

Ilmu alat seperti bahasa Arab, Nahwu, Shorof juga diberikan secara instensif kepada para santri. Jadi selain memiliki hafalan yang mutqin, santri juga mampu menjabarkan berbagai makna dari ayat-ayat qauliyah yang mereka hafal.

ELBARIDAH CENTER IMAGE 1

Pendidikan Umum di Ponpes El Baridah Center seperti ilmu pengetahuan alam, matematika, pancasila, ilmu pengetahuan sosial, dan lainnya juga mendapatkan porsi sepadan dalam struktur kurikulum.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas dan memberdayakan santri dalam berbagai aspek kehidupan sesuai dengan tujuan sistem pendidikan di Indonesia. Ponpes El Baridah juga membina karakter santri dengan fokus pada nilai-nilai moral, etika, tanggung jawab sosial, dan kepemimpinan serta kemandirian. Hal ini membantu mereka menjadi individu yang berintegritas dan mampu menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan serta memberi manfaat yang luas kepada mahluk disekitarnya.

ELBARIDAH CENTER IMAGE 2

Mari bergabung bersama kami

Bersama santri lainnya bersama di lingkungan yang kondusif untuk  menghafal Al-Qur’an dengan mutqin 

LOGO YAYASAN INDONESIA SALAM JAYA

Copyright © 2024 El Baridah Center

Scroll to Top